Tuesday, June 5, 2007

Mengenal istilah "Show, Breed, & Pet"

Pernahkah anda mencoba membeli kucing pada seorang breeder kemudian anda ditawari beberapa alternatif sambil breedernya menjelaskan "..yang ini show, ini breed, dan ini pet quality saja.." lalu anda terbengong-bengong dan tidak mengerti arti dari istilah tersebut?

Apa yang disebutkan oleh breeder tersebut sebenarnya adalah penggolongan kualitas kucing tersebut berdasarkan penilaian "subyektif" sang breeder, dan tentu saja penilaian ini berpengaruh terhadap harga jual yang ditawarkan. Show quality adalah kucing yang menurut breeder mempunyai kualitas yang baik dan layak turun dalam dunia show. Breed quality adalah setingkat dibawahnya, kucing ini tidak direkomendasikan untuk ikut show karena punya beberapa "kesalahan" yang bisa menyebabkan dia gagal jadi juara. Akan tetapi menurut breedernya kucing ini masih layak untuk di"breed" atau dibiakkan, dan tidak menutup kemungkinan bisa menghasilkan anakan yang bagus nantinya. Sedangkan Pet Quality adalah kualitas terendah, dan hanya dijual kepada mereka yang bisa menyayang sebagai pet di rumahnya. Breeder tidak menyarankan kucing ini di biakkan apalagi diikutkan kedalam show. Biasanya kucing jenis ini dijual dengan neuter / spay agreement dan harganya juga murah saja.

Ada lagi yang sering disebut sebagai Top Show Quality, biasanya adalah sebutan untuk kucing dengan kualitas tertinggi dimana breeder sangat yakin kucing ini berpotensi memperoleh gelar Grand Champion (CFA). Untuk kucing ini tentu saja harganya akan selangit..

Hal yang perlu diingat oleh para calon pembeli adalah bahwa penggolongan ini murni dari penilaian subyektif sang breeder, dan tentu saja ini tergantung dari pemahaman breeder itu sendiri terhadap breed standard. Pembeli juga harus berhati-hati terhadap breeder yang kurang jujur dan berani menyebutkan semua kucingnya Show Quality atau malah Top Show!! Bisa jadi apa yang dinilai sebagai show quality menurut seorang breeder hanya menjadi breed quality atau malah pet quality bagi breeder yang lain!!

Lalu bagaimana caranya supaya kita tidak terjebak dengan jargon2 yang asing tersebut? Belajar adalah kuncinya.. Untuk tahu kualitas kucing banyak informasi2 yang bisa kita peroleh baik melalui baca buku atau internet. Hal yang paling gampang adalah anda surfing ke website CFA dan lihat foto2 kucing2 Jawara yang dipajang di sana, kalau perlu cari yang seperti itu di breeder tempat anda membeli kucing.. Siapa tahu mereka punya..

No comments: