Thursday, April 19, 2007

Small Quantity, Great Quality

Pertama kali saya mengenal dunia cat fancy dan breeding beberapa tahun yang lalu saya sempat terheran-heran melihat slogan2 yang dipasang para breeder di dalam websitenya, seperti "We are a small cattery" atau "We are a small cageless cattery". Terus terang saya belum melihat website di Indonesia yang berani memasang kata2 itu.

Tapi sebenarnya apa yang membuat mereka memasang kata2 tersebut dan mereka begitu bangga dengannya? Bukankah banyak yang ingin jadi besar? Bukankah kalau kucingnya banyak berarti juga jualannya bagus? Bukankah kalau banyak yang beli berarti juga nama cattery akan jadi terkenal?

Rupanya mereka ingin menunjukkan betapa pentingnya pengendalian populasi, sangat memahami bahwa dengan populasi yang terbatas mereka bisa memberikan perawatan yang terbaik terhadap kucing2nya dibandingkan kalau mereka diharuskan mengawasi dan mengurus puluhan kucing. Tidak ada satu breederpun yang tidak ingin disebut sebagai penyayang kucing, dan sebagai penyayang mereka tidak boleh semena-mena terhadap binatang yang mereka rawat dan sayangi. Semakin besarnya populasi otomatis akan membuat mereka lebih sulit untuk menempatkan kucing-kucingnya dalam lingkungan yang memenuhi standar kasih sayang tersebut, misalnya diperlukannya tempat yang luas buat bermain, tidak mengandangi kucing sepanjang waktu seperti burung, memungkinkan pemisahan antara kucing jantan dan betina dewasa, memberikan waktu untuk grooming dan perawatan kesehatannya, dsb.

Nama besar tidak harus diperoleh dalam jumlah besar. Banyak breeder dengan nama besar dengan jumlah kucing kurang dari 10 ekor. Lalu bagaimana mereka bisa terkenal? Tentu saja hanya dengan seleksi kualitas yang ketat dan pembuktian prestasi yang konsisten di dunia catshow. Nah kalau begitu breeding bukan cuman sekedar mengawinkan kucing jantan dengan kucing betina lalu menjual anaknya kan?

No comments: