Saturday, August 11, 2007

Persian & Exotic Standard


Masih banyak diantara kita yang sulit membedakan kucing Persia / exotic yang bagaimanakah yang disebut dengan show quality. Banyak pula breeder yang sering menyebutkan istilah show quality untuk mengindikasikan kucing dengan kualitas terbaik yang otomatis sudah pasti berharga mahal. Tapi sebenarnya apakah show quality itu? Show quality adalah istilah penilaian untuk kucing2 yang dianggap memenuhi standar show. Standar quality itu sendiri sebenarnya sudah baku dan kurang lebih seragam antara organisasi yang satu dengan yang lainnya. Hanya saja dalam show sesungguhnya, preferensi subyektif seorang juri sudah pasti akan berperan dalam menentukan pilihan pemenangnya diantara sekian banyak kucing-kucing kualitas show.

Secara keseluruhan, Persia dan Exotic diakui keindahannya apabila bentuk tubuh dan wajahnya mengesankan kesan bulat, kokoh, gagah dan ekspresi wajah yang lucu.

Bagian kepala adalah bagian yang paling banyak mendapat perhatian dan bobot scoring tertinggi dalam show.

Kepala yang bagus terdiri dari tulang tengkorak yang bagus, bulat, massive, smooth rounding. Bentuk hidung haruslah pendek, lubang hidung menghadap ke depan dengan letak (break) yang agak tinggi hingga ketengah antara kedua mata. Mata yang indah adalah dengan bentuk yang bulat, lebar dan warna yang dalam.

Telinga yang bagus adalah telinga yang kecil, ujungnya membulat dan menghadap kedepan dan terpisah jauh diantara forehead yang lebar. Pipi dan dagu yang bagus adalah yang bulat dan penuh, dengan rahang yang kuat dan lebar serta susunan gigi yang balance (tidak miring, tinggi sebelah dsb.)

Bentuk kepala yang bagus apabila dilihat dari samping akan tampak seperti gambar disebelah kiri ini. Kucing ini memiliki doming (bentuk forehead) yang tinggi dan smooth.


Bentuk badan yang bagus adalah cobby, yaitu mengesankan sosok yang gemuk dan bulat dengan susunan tulang2 yang besar dan kokoh, kaki yang pendek dengan jari2 yang besar dan kuat.

Bulu yang bagus adalah undercoat yang penuh dan tebal serta tekstur bulu yang lembut bila disentuh, serta pada kucing persia bulunya bisa panjang setinggi tubuh mereka sehingga mengesankan seperti mengenakan gaun yang panjang. Ekor yang bagus adalah yang tidak terlalu panjang dan secara keseluruhan mampu menambah kesan "bulat" pada penampilan.

Diluar dari ciri fisik tersebut di atas, kucing kualitas show juga diwajibkan mempunyai temperamen yang bagus. Easy to handle, tidak galak, tidak mudah stress dan gampang bergaul dengan manusia.

No comments: