Sunday, March 4, 2007

Breeder, Cattery, Apa dan Bagaimana


Bagi para pecinta kucing dan anjing, istilah breeder pastilah tidak terlalu asing. Mereka identik dengan profesi sebagai pembiak binatang peliharaan untuk kemudian diperjualbelikan. Anggapan tersebut tidaklah salah, meskipun juga tidak bisa dianggap terlalu tepat.
Breeder tidaklah persis sama dengan peternak, karena bagi seorang breeder uang bukanlah sebagai motivasi utama dalam melakukan profesinya. Seorang breeder yang baik haruslah bekerja dengan hati, dalam artian seorang breeder haruslah seorang penyayang binatang dan hobiis sejati. Ada kalanya seorang breeder harus mengesampingkan kepentingan ekonomis demi kebaikan dan kelayakan hidup binatang kesayangannya. Dia harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membawa dan memeriksakan binatang peliharaannya ke dokter hewan, dia harus merelakan banyak waktunya apabila kucing/anjingnya melahirkan di tengah malam. Dia juga merelakan waktunya untuk merawat, grooming dan memandikan serta menjaga dikala kucingnya sakit. Persis seperti apa yang dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya, itulah yang dilakukan oleh seorang breeder.
Pada saat melepas/menjual hasil breedingnya kepada orang lainpun, seorang breeder harus benar2 meyakinkan bahwa nantinya kucing/anjingnya akan hidup layak dan pemilik yang baru adalah orang yang bertanggung jawab serta mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam perawatan dan kesehatannya. Seorang breeder sebaiknya tidak menganggap kucing/anjingnya sebagai mesin penghasil uang dengan harapan nanti bisa menjual anakannya sebanyak-banyaknya. Seorang breeder yang hanya mengejar kuantitas tanpa memperhatikan kualitas tidaklah beda dengan seorang peternak ayam atau kambing atau sapi.
Seorang breeder haruslah mempunyai tujuan untuk memperbaiki kualitas keturunan yang akan dihasilkan dengan meminimasi kekurangan dan cacat yang mungkin terjadi. Untuk itu, seorang breeder dituntut memiliki pengetahuan yang cukup tentang genetika, kesehatan dan perawatan.
Cattery adalah suatu istilah untuk tempat dimana kucing dipelihara dalam jumlah banyak, sedangkan istilah untuk anjing adalah kennel.

No comments: