Tuesday, March 6, 2007

PKD (Polycystic Kidney Disease)


PKD atau Polycystic Kidney Disease adalah penyakit menurun yang saat ini paling banyak terjadi pada ras Persian dan Exotic dibandingkan pada ras lain. Penyakit yang berupa tumbuhnya kista pada kidney (ginjal) ini biasanya berkembang sangat lambat dan kucing yang terkena penyakit ini bisa jadi akan mati setelah usia yang cukup dewasa.

Berkembangnya kista pada ginjal akan menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi dengan layak. Kista tumbuh dimulai dari saat kucing bayi dan akan berkembang sehingga mengganggu fungsi ginjal sebagai penyaring zat2 beracun dalam darah. Ciri2 kucing yang terserang penyakit ini adalah terjadinya depresi, kehilangan nafsu makan, haus yang berlebihan, sering kencing dan menurunnya berat badan . Pada akhirnya kucing akan mati setelah mengalami gagal ginjal.

PKD diturunkan dari autosomal gen dominan, sehingga penyakit ini mudah dideteksi sejak dini dari tes DNA. Sayangnya saat ini tes DNA hanya bisa dilakukan di University of California Davis dengan cara mengirim sampel DNA yang bisa diambil dari mulut kucing dengan menggunakan cotton bud. Cara lain untuk mendeteksi penyakit ini adalah dengan diagnosa ultrasound, tapi kelemahan cara ini adalah kucing hanya bisa dideteksi setelah kista mulai tumbuh, jadi kucing yang infected PKD tapi kistanya belum tumbuh tidak akan bisa ketahuan. Akurasi dari ultrasound juga cuma 98%.

Breeder seyogyanya mengeliminasi kucing yang positif DNA dari breeding programnya untuk menghindari berkembangnya penyakit ini. Sayangnya di negara kita belum banyak orang yang tahu dan perduli terhadap bahaya penyakit ini pada kucingnya. Mungkin saja salah satu kucing anda adalah penderita PKD?

No comments: