Wednesday, March 21, 2007

Pedigree & Non Pedigree serta manfaatnya

Anda pasti pernah mendengar istilah kucing pedigree dan non pedigree bukan? Apa sih artinya, dan apa sih gunanya? Mari kita coba bahas.

Secara bahasa, pedigree diartikan sebagai silsilah. Dalam dunia cat fancy, kucing pedigree diartikan sebagai kucing yang mempunyai surat silsilah yang menjelaskan tentang tanggal kelahiran, nama ibu bapaknya, bahkan sampai ke kakek dan buyutnya. Dalam surat tersebut juga disebutkan jenis kucing, pola warna, nama breeder, gelar penghargaan yang pernah diraih (kalau ada), dan nama pemiliknya juga.

Pedigree dikeluarkan oleh asosiasi atau organisasi penyayang dan pembiak kucing baik ditingkat Nasional maupun Internasional. Setiap organisasi punya versi format tersendiri mengenai susunan pedigreenya tapi pada dasarnya isinya sama. Sertifikat ini dihasilkan dari pencatatan yang terus menerus dan dimaintain dalam data base komputer. Organisasi yang mengeluarkan secara profesional bertanggung jawab terhadap isi dari sertifikat yang dikeluarkannya. Kadang satu organisasi bisa menerima sertifikat dari organisasi lain atau juga tidak, tergantung peraturan internal organisasi tersebut.

Nah sekarang apa sih manfaatnya bagi kita? Kok hanya dengan selembar kertas saja harga kucing jadi mahal?
Sebenarnya kalau dipikir agak lucu juga ya kita menilai dan menghargai nyawa makhluk hidup dari selembar kertas buatan manusia. Tapi kalau kita telaah lebih dalam, sebenarnya yang kita beli adalah usaha dari manusia yang sekian tahun bahkan puluhan tahun berusaha memurnikan dan melakukan seleksi agar menghasilkan keturunan yang terbaik dari kucing2 ras yang dibiakkannya. Itu yang membuatnya mahal.

Jadi pedigree sebenarnya harus identik dengan kualitas. Jadi kalau ada kucing pedigree yang tidak berkualitas mungkin seharusnya tidak dijual sebagai pedigree sama sekali. Adalah pemahaman yang salah kaprah kalau ada iklan yang menjual kucing hanya menunjukkan adanya selembar surat atau dengan embel2 informasi bahwa kucing tersebut dihasilkan dari indukan yang dibeli secara import dengan harapan bisa menjual kucingnya dengan harga yang tinggi. Dan pemahaman yang salah ini kadang ditanggapi oleh masyarakat yang buta sama sekali dengan masalah ini. Ini bisa dikategorikan sebagai penipuan profesional!

Apakah kucing import lebih mahal dari yang non import? Jawabannya tentu saja iya, karena untuk import saja breeder harus mengeluarkan biaya transport dan perijinan yang totalnya tidaklah kecil. Tapi apakah anakan kucing import lebih mahal daripada anakan kucing non import? Jawabannya belum tentu, kadang anakan breed lokal bisa lebih bagus dari kucing import. Yang sedikit bisa dijadikan jaminan bahwa anakan kucing import pada umumnya lebih bagus daripada non import adalah karena indukannya dibeli dari breeder2 profesional yang sudah punya nama. Breeder yang punya nama belum tentu punya banyak kucing, kadang justru saking selektifnya kucingnya sangat sedikit dijual dipasaran. Tapi breeder yang ternama sudah membuktikan bahwa kualitas kucingnya bisa dipertandingkan ditingkat internasional.

Nah mau pilih pedigree atau non pedigree? Sebaiknya kalau cuman cari binatang untuk peliharaan dan kesayangan sih non pedigree sudah cukup. Sedangkan bagi yang mau terjun ke hobby breeding, ada baiknya mengerti betul tentang istilah2 dan kualitas kucing. Sebagian besar pemula yang tidak berpengalaman mengalami kesalahan yang sama pada waktu pembelian kucing pedigree pertamanya, mungkin sama seperti saya juga he..he..

No comments: